Minggu, 21 Maret 2010

KENALI AGAR TIDAK MENGGANGGU
Sakit jiwa … !! kapan sih kita bisa menilai orang sakit jiwa ? atau jangan-jangan kita juga bisa kena …
Sekarang bisa jadi kita merasa jiwa kita dalam keadaan prima dan bebas gangguan. Padahal belum tentu, karena gangguan jiwa itu tidak selalu seperti orang gila yang berjalan dipinggir jalan tanpa busana atau tertawa sendirian seperti anak kecil. Semua orang berpotensi terkena gangguan jiwa tanpa memandang latar belakang. Menurut ahli jiwa orang yang terkena gangguan kejiwaan bisa siapa saja , tidak hanya orang yang berasala dari kalangan bawah tapi juga bisa di alami oleh mahasiswa, pegawai negeri, pegawqi swasta. Dan kalangan professional berarti anda pun juga bisa terkena gangguan jiwa ….
KENALAN DULU
Definisi gangguan jiwa atau mental disorder, menurut diagnostic and statistic manual of mental disorder, adalah seluruh gejala atau pola perilaku seseorang yang berkaitan dengan tekanan ( distress) dan ketidakmampuan seseorang. Perubahan prilaku ini beresiko kematian ,penyakit dan ketergantungan.
Gangguan mental ini sangat berkaitan erat dengan kondisi social, biologis, kepribadian dan pengalaman traumatis, seperti kecelakaan, bencana atau kehilangan. Tetapi tidak semua gangguan mental didahului oleh pengalaman traumatic. Pikun pada penderita Alzheimer, misalnya, disebabkan kelainan pda kinerja otak. Jadi, latar belakang biologis yang lebih berperan.
Dunia psikiatri mulai melihat gangguan jiwa tersebut dari sisi biologis. Apakah ada kelainan di otak penderita gangguan jiwa dibandingkan orang yang normal. Selain itu ada penelitian lanjutan untuk melihat apakah kelainan ini bisa diturunkan. Hal ini penting diketahui supaya kalau ada memang kecenderungan penurunan itu kuat, bisa ditanggulangi dulu, bisa dideteksi lebih dini dan diobati.

sumber : Sumber :
http://pusatmedis.com/psikologi_63.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar