Minggu, 21 Maret 2010

macam-macam gangguan jiwa:
Tidak perlu panic, ketahui saja terlebih dahulu beberapa jenis gangguan jiwa yang bisa mengancam kita atau sahabat kita
• Gangguan jiwa yang berkaitan dengan zat, seperti alcohol, kafein, nikotin, ganja, dan narkoba.
Gangguan ini muncul karena penyalahgunaan zat-zat yang disebutkan tadi . ketergantungan zat ditandai dengan kebutuhan yang lebih dan lebih lagi. Penderita akan meras skaw jika tidak segera mengonsumsi zat tersebut. Pasti anda pernah mendengar para perokok yang mengaku gelisah atau ada yang kurang kalau tidak merokok. Nah jika zatnya adalah narkoba efeknya akan lebih hebat lagi.
• Ganguan somatisasi
Ini adalah gangguan jiwa yang termanifestasi dalam benttuk keluhan fisik, padahal kalau dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Tidak akan ditemukan gangguan pada fisik yang bersangkutan. Penderita biasanya memiliki keluhan seperti sakit jantung. Sakit kepala, meras punya tumor dan lain-lain.
• Gangguan Mood
Gangguan ini muncul karena penderita tidak bisa mengontrol kondisi emosinya. Pada periode tertentu dia bisa depresi. Pada periode lain bisa sebaliknya. Penderita seperti ini dikuasai oleh emosinya. Pada tingkat tertentu gangguan ini bisa disertai gejla psikotik seperti halusinasi dan delusi.
• Ganguan Cemas
Penderita merasa kecemasan yang berlebihan atau irasional terhadap hal-hal yang sebenarnya yang tidak mengancam. Misalnya akut keluar rumah karena harus bertemu orang banyak, takut gelap, takut pada ruang sempit dan sebagainya. Namun gangguan cemas ini bisa juga tidak memiliki factor pemicu yang jelas. Akibatnya penderita tidak merasa aman dan kelelhan dengan persaan cemasnya tersebut.
• Gangguan Kontrol Impulsif
Penderita tidak bisa menahan dorongan untuk melakukan hal tertentu, misalnya untuk mencuri ( kleptomania) tidak tahan untuk tidak bermain api atau berjudi.
• Gangguan Kepribadian
Ciri kepribadian penderita sangat dominan, sehingga menggangu interaksinya dengan orang lain. Misalnya terlalu pede, takut pada hal secara berlebihan, terlalu pendiam danmenlak bergaul dengan oranglain dan sebagainya.

sumber : Sumber :
http://pusatmedis.com/psikologi_63.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar