Minggu, 14 Maret 2010

Semprotan Hidung untuk Penderita Autis
Sumber : http://saidazan72.blogspot.com/2010/02/semprotan-hidung-untuk-penderita-autis.html

Ottawa, Sebuah semprotan hidung yang mengandung hormon oxytocin diciptakan khusus oleh peneliti untuk membantu penderita autis agar bisa lebih bersosialisasi.

Peneliti melakukan studi terhadap 13 orang autis, baik yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi maupun rendah. Partisipan yang menghirup spray (semprotan) itu dilaporkan lebih bisa berinteraksi dengan lainnya daripada partisipan yang tidak menghirup spray.

Penderita autis memang diketahui kesulitan dalam berkomunikasi, khususnya melakukan kontak mata. Tapi dengan menambahkan hormon oxytocin pada tubuhnya, hal itu bisa diatasi. Oxytocin diketahui sebagai kunci untuk meningkatkan sikap sosialisasi dan pengertian.

"Penambahan hormon oxytocin membuat penderita autis tingkat tinggi sekalipun, bisa merespons orang lain dan menunjukkan perilaku yang lebih bersosialisasi," kata Elissar Andari dari the Institutes des Science Cognitive seperti dilansir Telegraph, Senin (15/2/2010).
Dalam presentasinya di Mediterranean Conference Neuroscience di Mesir, terapi oxytocin disarankan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk penderita autis. Sekitar 500.000 orang Inggris dilaporkan menderita autis, dan kondisi tersebut membuat penderitanya tidak bisa sekolah atau bekerja seperti orang normal lainnya.

Selain bermasalah dengan komunikasi, penderita autis juga sangat sensitif terhadap suara, sentuhan, rasa, penciuman atau warna. Pengobatan yang dilakukan berbeda-beda tergantung tingkat autisme, tapi hal itu membutuhkan waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar