Kamis, 25 Februari 2010

Bekali Anak dengan
LIFE SKILLS
Life Skills adalah Keterampilan yang akan menjadi keberdayaan anak dalam menghadapi tantangan dalam hidupnya.
Life skills (keterampilan hidup) terdapat 3 bagian, diantaranya:
1. self improvement skills, yaitu kemampuan anak dalam membangun dirinya. Membangun diri disini maksudnya yaitu dalam memiliki harga diri (self esteem) yang baik, memiliki kecerdasan emosi yang stabil, mampu mengahadapi suatu masalah, dan terampil dalam membuat suatu keputusan.
2. relational skills, yaitu kemampuan dalam berhubungan dengan orang lain. Melalui kemampuan ini, diharapkan anak bisa bersikap asertif, yaitu dapat mengomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain. Lewat relation skills, anak juga diharapkan agar dapat menjalin relasi (hubungan) yang positif dan juga agar dapat mngelola konflik dengan orang lain secara b aik.
3. lifelong skills, yaitu keterampilan dalam membangun hidup dan masa depan yang bertujuan dan makna yang sama. Orang tua harus mampu untuk mengenali minat dan bakat yang dimiliki anak, mengenali target yang ingin dicapai oleh anak, dan membuat hidup anak agar lebih bermakna lagi.
Keterampilan-keterampilan hidup diatas tidak dapat diperoleh anak secara otomatis atau tiba-tiba, tetapi harus dikenalkan dan diasah sejak dini. Melalui penguasaan keterampilan hidup, seorang anak diharapkan bisa mengarungi kehidupan yang penuh liku ini. Misalnya, seorang anak yang tidak cerdas dalam hal pendidikannya, tetapi juga cerdas dalam kehidupan sosialnya. Anak tidah hanya pandai secara "teori:, tetapi juga pandai dalam menerapkan teori yang diperolehnya dalam kehidupannya sehari-hari.

Pengalaman:
Theresia Puspayanti
Narasumber:
Ester Lianawati, Msi., Psi.,
Dari Fakulatas Psikologi Universitas
Kristen Krida Wacana, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar