Minggu, 08 November 2009

kelainan pd anak

Saya mengambil suatu penelitian dari lingkungan disekitar saya. Seorang anak yang memiliki kelainan dalam perkembangannya tetapi pada pertumbuhannya berkembang secara normal. kelainan ini terjadi ketika ia sedang berada dalam kandungan sang ibu. pada saat hamil sang ibu selalu ngerokok, minum-minuman keras,dll. ketika kandungannya berusia sekitar 9 bln lebih, saya curiga "mengapa ibu itu belum juga melahirkan ya?,pdahal usia kandungannya sudah meninjak usia 9 bln lebih lho??"
akhirnya pd usia 10 bln lebih sang ibu bru melahirkan bayinya dengan cecar dikarenakan sang bayi sudah lama di dlm kandungan ibunya. yang bisa mngakibatkan fatal pada sang ibu dan bayinya.

setelah anak tersebut menginjak usia kira-kira umur 10-11 bulan, ada suatu keganjalan lg pada anak tersebut. keganjalannya adalah pada usianya 10 bulan anak tersebut belum bisa berbicara, merangkak, ataupun hal-hal yang biasa dilakukan pd anak usia segitu.

pada akhirnya usia 2 tahun anak itu ternyata baru bisa belajar berjalan, setelah itu pada usia 3 tahun sampai dengan sekarang yaitu usia 5 tahun anak tersebut belum bisa berbicara dan sedikit kurang pendengarannya tapi sudah bisa berjalan..jika saya ingin berbicara dengannya saya harus menepuk bahunya dan memegang bahunya agar ia bisa berkomunikasi dengan saya..karena dosen Psikologi Umum saya pernah bilang kepada saya "kalau ingin mengajaknya berkomunikasi kita harus menepuk dan memegang bahunya agar bisa berkomunikasi dengan kita"

hal itu sudah saya cba,tetapi saya melihat kalau pandangan matanya seolah-olah tidak mengerti apa yg saya bicarakan dengan kata lain pandangannya kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar