Selasa, 11 Mei 2010

Faktor yang terjadi kekerasan terhadap anak adalah :

1. Anak yang mengalami cacat tubuh, retardasi mental, gangguan tingkah laku dan autisme
2. Kemiskinan keluarga dan banyak anak
3. Broken home atau keluarga pecah
4. Ketiadaan ibu dalam jangka panjang / keluarga tanpa ayah
5. Pengulangan sejarah kekerasan
Faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan psikologi abnormal seperti sakit jiwa atau keterbelakangan mental dapat diketahui dengan melihat bagaimana ibu dalam membentuk karakter anak-anaknya. Dan yang paling penting dalam menentukan perkembangan psikologinya adalah hereditas dan lingkungan. Dan tidak menutup kemungkinan perilaku dan sikap seorang ibu akan mempengaruhi perkembangan psikologi anak seperti ibu melakukan kekerasan pada anak-anaknya yang sering terjadi akhir –akhir ini. Yang hal itu akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan psikologi anak.
Untuk menghindari hal tersebut diatas adalah seorang ibu harus tahu setiap perkembangan psikologi anak mulai usia 0 – 5 tahun. Seorang ibu juga harus memantau dan membimbing perkembangannya kearah yang positif. Seorang ibu harus ekstra hati-hati dalam bersikap karena pada uia 0 – 5 tahun adalah masa-masa meniru apapun yang dilihatnya.


sumber : http://ayurai.wordpress.com/2009/04/22/tingkat-pengetahuan-ibu-tentang-perkembangan-psikologi-anak-usia-0-%E2%80%93-5-tahun/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar