Selasa, 11 Mei 2010

tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan psikologi anak usia 0 – 5 tahun

Posted on April 22, 2009 by ayurai

Pada masa balita pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi sangat cepat. Setiap perkembangan anak harus dipantau setiap hari karena akan sangat menentukan kualitas kehidupan anak pada masa depan. Para ibu harus mengetahui tentang pengetahuan perkembangan anak, ini merpakan unsure utama untuk pertumbuhan anak agar anak dapat tumbuh berkembang secara optimal. Dengan adanya pantauan dan bimbingan dari ibu maka akan mempengaruhi permbangan psikologi anak. Sehingga penulis ingin meneliti studi tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan psikologi anak usia 0 – 5 tahun.
Menurut data internet dengan http/www.kompas.com/tgl. 5 Juli 2007 di LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Jatim ditemukan 547 kasus kekerasan pada anak seperti kekerasan seksual, fisik, psikis, dll dengan 9,1% pelaku tindakan kekerasan adalah ayah kandung, 7,4% adalah ibu kandung dan 1,3% adalah kakek korban. Kasus yang terjadi di atas biasanya karena kepentingan keluarga dan kekerasan adalah bagian dari instrumen untuk mendidik anak agar tidak nakal dan cepat mandiri. Stigma tentang anak yang nakal dan sulit diatur adalah dasar pembenar yang sering kali dikemukakan pelaku. Di berbagai keluarga, harus diakui bahwa tidak selalu yang namanya kelahiran anak selalu disambut dengan penuh suka cita.


sumber : http://ayurai.wordpress.com/2009/04/22/tingkat-pengetahuan-ibu-tentang-perkembangan-psikologi-anak-usia-0-%E2%80%93-5-tahun/

1 komentar:

  1. Hai..blognya keren lho...saya udah baca beberapa konten...
    salam kenal..nama saya Kak Zepe.
    Saya juga punya sebuah blog yang membahasa segala sesuatu tentang dunia anak.
    Khususnya tentang lagu anak-anal..
    Kalau mau tahu lebih lengkap, silakan bergabung di blog saya.
    Ada di

    http://lagu2anak.blogspot.com

    Sekalian ikut serta dalam mengembangkan lagu anak di tanah air yang kian merosot…
    Mohon dukungannya untuk mensukseskan gerakan ini.
    Salam cinta lagu2anak…

    BalasHapus